Mengatasi Error 0x00000709 [ Masalah Default Setup Printer ]

Adalah masalah pada saat kita melakukan proses pengaturan tetapan alat cetak (Default Printer Setup), dimana biasanya yang aktif hanya XPS Document milik Microsoft, dan saat kita klik kanan ke printer lain untuk dijadikan default printer dengan klik Set As Default Printer lalu tampaklah pesan Error 0x00000709, yang menyebutkan bahwa operasi tidak komplit.

Berawal dari kesalahan sebagaimana tersebut di atas yang terjadi di komputer salah satu kawan, dimana dia menggunakan Windows 7, dan semuanya nampak baik - baik saja, tidak ada kendala, bahkan driver printer juga sudah terinstall dengan benar, bahkan semua jenis printer yang dia miliki juga drivernya sudah terinstall dengan benar, namun kenapa pesan error itu masih muncul?

Saya pikir biasanya kalau di Windows XP terutama yang mini XP sistem spooled'nya yang bermasalah, jadi saya coba check juga gak ada masalah, bahkan semua system operasi yang berhubungan dengan printer juga sudah terinstall dengan baik, akhirnya dicoba install Able2Extract, Foxit Phantom dan sejenisnya yang saya coba fungsikan sebagai printer ternyata masalahnya juga masih tetap sama.

Akhirnya saya berkesimpulan bahwa ini berkenaan dengan sistem registrynya mungkin atau ada kendala karena virus, dan akhirnya saya coba melakukan check registry tanpa ada masalah juga, namun kenapa masalah itu muncul, lalu saya coba merubah beberapa registry dan akhirnya saya menemukan registry di 1 (satu) key yang ternyata tidak bisa dirubah, lalu permission saya check dan ternyata benar, kondisinya unchecked, lalu saya pilih full control, saya restart dan tadaaaaaaa....... BERHASIL..!!!!

Lengkapnya langkah penyelesaiannya adalah :
  • Buka registry editor (Win+R > ketik regedit > Enter > OK/Yes) ;
  • Terbuka halaman Registry Editor, lalu menuju HKEY_CURRENT_USER > Software > Microsoft > Windows NT > Current Version > Windows ;
  • Selanjutnya di Key Windows Klik Kanan > Permission ;
  • Lalu checklist Full Control di halaman Permission > Apply > OK
  • Di sebelah kanan lihat ada Device lalu klik 2x ubah isi valuenya, misal : Microsoft XPS Document Writer,winspool,Ne00: diubah menjadi winspool,Ne00:
  • Keluar dari Registry Edito, RESTART COMPUTER
  • dan ubahlah default printer anda.................
Untuk memudahkan dalam memandu anda menyelesaikan masalah ini, berikut saya sertakan panduan bergambar silahkan download file versi pdf solusi Error 0x00000709 ini :
 

Kurs Rupiah

Nilai Emas

Berita

 
//add jQuery library